26 Mei, Sabu Raijua Diresmikan

Jumat, 22 May 2009,

KUPANG, Timex-Jadwal peresmian Kabupaten Sabu Raijau akhirnya ditetapkan pemerintah. Melalui rapat segi tiga antara Depdagri, Pemerintah Provinsi (Pemprop) NTT dan Pemkab Kupang di Jakarta, Rabu (20/5) berhasil ditetapkan bahwa peresmian Kabupaten Sabu Raijua, Selasa (26/5) di Jakarta.
"Semua sepakat menyangkut jadwal dan tempat pelaksanaan peresmian sehingga tidak jadi soal," kata Asisten Tata Praja Setda NTT Yoseph Mamulak kepada koran ini, Kamis (21/5) melalui telepon seluler.

Yoseph Mamulak yang mewakili Gubernur NTT mengikuti pertemuan tersebut mengatakan dalam rapat segi tiga tersebut baik Depdagri maupun Pemprov dan Pemkab Kupang setuju penetapan jadwal dan tempat tersebut.

Mamulak mengatakan tempat peresmian di Jakarta karena saat yang bersamaan dilakukan peresmian enam kabupaten baru yakni Sabu Raijua di NTT dan dua kabupaten dari Papua, dua dari Sumatera Utara dan satu dari Riau.

Ditanya mengenai penjabat Bupati Sabu Raijua, Mamulak mengatakan hingga Rabu (20/5) Mendagri belum menandatangani penjabat Bupati Sabu Raijua. "Mendagri belum menandatangai sehingga kita belum tahu siapa penjabat bupatinya," kata Mamulak. Tiga penjabat bupati yang diusulkan Gubernur NTT adalah Thobias Uly (Kadis Pendidikan NTT), Frans Rihi (Karo Ekonomi Setda NTT) dan Melky Kana (Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang).


Syukuran Akbar di Seba

Dari Seba ibukota Kecamatan Sabu Barat dilaporkan, syukuran akbar atas peresmian dan pelantikan penjabat Bupati Sabu-Raijua akan digelar di lapangan Napas Ramenyin Kelurahan Mebba Kecamatan Sabu Barat, (5/6) mendatang. Saat ini seluruh persiapan dalam menyukseskan perhelatan akbar ini sedang dipersiapkan di bawah koordinator para camat sedaratan Sabu-Raijua.

Ketua umum panitia, Wempy Imanuel Riwu kepada koran ini di ruang kerjanya, Selasa (19/5) mengatakan acara syukuran bersama seluruh masyarakat baru dilaksanakan setelah acara peresmian dan pelantikan Penjabat Bupati di Jakarta pada Selasa (26/5) mendatang.

Rapat pemantapan acara syukuran bersama ini kata dia, telah dilaksanakan pada Jumat (15/5) lalu bertempat di ruang pertemuan Kecamatan Sabu Barat di Seba. Rapat ini dihadiri camat se-daratan Sabu-Raijua, para kepala desa/lurah, unsur pimpinan kecamatan, pimpinan unit/badan/instansi pemerintah dan swasta, pengusaha, pimpinan parpol dan ormas/LSM/LPM, para kepala SMA/SMK, SMP, SD/TK, tokoh agama dan tokoh masyarakat Sabu.

Syukuran bersama kata dia, akan dirangkai dengan malam apresiasi budaya untuk menghibur para tamu dan masyarakat Sabu Raijua. "Target masyarakat yang hadir dalam perayaan ini kurang lebih 6000 orang berasal dari enam kecamatan yakni kecamatan Sabu Barat, Sabu Timur, Sabu Tengah, Sabu Liae, Hawu Mehara dan Kecamatan Raijua," katanya.

Berdasarkan keputusan panitia kata dia, setiap kecamatan menghadirkan 500 warga. Namun karena antusias warga maka jumlah warga yang hadir dipastikan akan melebihi target.
Untuk kantor Penjabat Bupati Sabu Raijua kata dia, sedang dipersiapkan satu dari gedung RSUD Sabu Raijua di Menia. Seluruh masyarakat Sabu akan bergotong royong membangun pagar dilokasi kompleks RSUD termasuk dilokasi kantor bupati sementara.

0 komentar:

Posting Komentar