Dermaga Siap Diperluas

Senin, 20 Apr 2009,

SABU, Timex - Dalam waktu dekat, menurut kepala Syahbandar Seba, FF Pandelaki, dermaga penyeberangan Sabu siap dibangun. Dermaga ini perlu diperluas karena seringkali terjadi tumpang tindih kegiatan bongkar muatan di pelabuhan Seba dan menjadi suatu problema tersendiri.
Dermaga sering dipakai PT Pelni dan PT (Persero) ASDP jika ada transportasi kapal perintis Pelni yang berlabuh, begitupun kapal Ferry milik ASDP.
Pandelaki kepada Timor Express di Sabu mengatakan, usulan diperluasnya dermaga penyeberangan tersebut telah dipertimbangkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi NTT. Pandelaki sangat mendukung dibagunnya sebuah pelabuhan baru atau dermaga penyeberangan ferry yang tepat.

Kendati demikian, hal ini malah bertolak belakang dengan hasil survei dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Pengembangan LLASDP NTT yang mengklaim wilayah dermaga tersebut merupakan wilayah kawasan kerja pelabuhan Seba.

Menurut Pandelaki, tim survei LLASDP NTT di Seba adalah tidak tepat dan tidak pernah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Sabu Barat serta Kakanpel Seba.
Camat Sabu Barat, Wempy Imanuel Riwu kepada Timor Express, Kamis (16/4) lalu mengungkapkan, mewakili masyarakat Sabu sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah yang telah memperhatikan keluhan masyarakat selama ini.

"Sabu mendapat pembangunan dermaga penyeberangan kapal ferry adalah sangat tepat. Tetapi sangat disayangkan apa yang dilakukan tim survey LLASDP NTT di Seba tidak tepat," tandas Wempy.

Tim ini masih menurut Wempy Imanuel Riwu, telah mengambil tindakan dan keputusan sendiri tanpa mempertimbangkan lokasi pemukiman rumah penduduk. Jika dipaksakan, maka akan terjadi pembongkaran sejumlah rumah warga Sabu yang berada disekitar wilayah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar