Digelar, Pelatihan Kearsipan Tingkat Desa

Kamis, 16 Oct 2008,

SABU, Timex - Sebanyak 40 orang peserta mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) teknis kearsipan dan perpustakaan ditingkat desa/kelurahan. Diklat ini diikuti para sekertaris desa/kelurahan, sekertaris kecamatan dan pela urusan (kaur) pemerintah desa yang tersebar di tiga kecamatan daratan Sabu dan Raijua yakni Kecamatan Sabu Barat, Sabu Tengah dan Raijua selama tiga hari (7-9 Oktober) di balai penerangan Seba Kecamatan Sabu Barat.

Camat Sabu Barat, Wempy Imanuel Riwu membuka kegiatan pelatihan teknis kearsipan di Seba mewakili Bupati Kupang. Dalam sambutan tertulis Bupati Kupang, Ibrahim A Medah yang dibacakan Camat Riwu disebutkan, selain untuk menghimpun data-data pemerintahan desa/kelurahan dan kecamatan, maka seorang seketaris mampu memanage administrasi di kantor dan harus punya arsip surat maupun dalam bentuk buku yang akan disimpan di perpustakaan masing-masing desa/kelurahan dan kecamatan.

"Kearsipan dan perpustakaan sangat menolong kinerja seorang pemimpin, baik dalam pemerintahan (birokrasi), organisasi pemerintah, organisasi swasta seperti Ormas, LSM, maupun secara perseorangan. Jadi dalam menyimpan administrasi yang baik harus ada arsip dan kearsipan itu menjadi sejarah dalam pembangunan manusia menuju kemandirian,” jelas Wempy Imanuel Riwu.

Dikatakan, pembangunan itu bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi dibarengi dengan upaya pemberdayaan SDM untuk mendapatkan keahlian dalam bidang masing-masing. Karena itu, seorang seketaris harus dibekali dengan pelatihan kearsipan dan perpustakaan supaya menjadi profesionalisme.

Secara terpisah, ketua tim kearsipan Kabupaten Kupang, Ramli Ika kepada Timor Express disela-sela kegiatan pelatihan menjelaskan, kegiatan pelatihan kearsipan di tingkat desa/kelurahan di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Kupang tahun 2008 dilaksanakan secara bertahap.

Kegiatan pelatihan di pulau Sabu dan Raijua sebenarnya diikuti tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Sabu Barat, Sabu Tangah dan Raijua dengan target 40 peserta. Namun utusan dari Kecamatan Raijua tidak dapat hadir karena keadaan cuaca di selat Raijua yang tidak bersahabat, sehingga kegiatan kearsipan tahun ini hanya diikuti 40 peserta dari dua kecamatan yaitu Sabu Barat dan Sabu Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar