Jangan Perberatkan Beban Thobias Uly

Selasa, 16 Jun 2009,

SABU, Timex – Hari pertama Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly berkanto yakni di gedung RSUD Menia-Seba. Ruangan yang dipakai sebagai ruang kerja Penjabat Bupati hanya tersedia sebuah meja biro dan 10 kursi kayu.
Selain itu, ruangan lain yang ada masih kosong dan tidak ada satu maubel sebagai sarana penunjang kegiatan pelayanan pemerintahan. "Sebenarnya ada keprihatinan yang perlu kita simak bersama ketika pulau Sabu diresmikan Pemerintah Pusat dan UU pembentukan Kabupaten Sabu Raijua di NTT oleh DPR RI pada 26 Mei 2009 lalu.

Karena itu kita tidak boleh berpangku tangan, menonton, membebani dan mengharapkan terlalu banyak dari Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly. Sebab tugas dan fungsi penjabat bupati sangat terbatas," kata tokoh masyarakat Seba, Kaleb Kara Lomi dan Ama Wila Malehere dari LiaE.

Pantauan Timor Express di RSUD Menia, untuk pertama kali yang menempati gedung tersebut adalah Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly yang belum dilengkapi dengan staf sekretariat.
Thobias Uly meminta kepada enam camat yang ada di Sabu-Raijua dalam rapat hari pertama untuk membantu dan menopang serta mengkoordinasi SKPD, selain melaksanakan tugas pokok sebagai camat.

Camat yang hadir yakni Camat Sabu Barat, Wempy Imanuel Riwu, Sabu Timur, Simon F Moneheme, Sabu Tengah, Ferry Malelak, LiaE, Herman Kaho, Hawu Mahara, Dominggus Widu Hau dan Camat Raijua, Lorens D Piwo.

Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly kepada Timor Express di rumah jabatan bupati di Rae Nadoro Keduru Sabu Timur, Rabu (10/6) mengatakan, tugas bupati sementara yaitu membentuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD), membentuk DPRD dan mempersiapkan serta melaksanakan pemilihan kepala daerah tahun 2010 secara langsung.

Setelah tiga tugas pokok Penjabat Bupati Sabu Raijua selesai, siapa yang terpilih dalam pilkada nanti, maka pembangunan selanjutnya di Kabupaten Sabu Raijua akan diteruskan bupati definitif.

"Jangan terlalu terlena dan mengharapkan kepada penjabat bupati yang hanya datang untuk mempersiapkan jalan dan bukan untuk mengelola dana proyek. Tetapi program-program pemerintahan akan berjalan mulus nanti pada era bupati terpilih dalam pilkada pertama di daerah ini," ujar salah satu warga Seba yang tidak mau namanya dikorankan.

0 komentar:

Posting Komentar